Selasa, 16 Agustus 2011

Service PS3 YLOD

Pernahkah anda mengalami PS3 YLOD [Yellow Light OFF and Dead], Dengan gejalanya yang terlihat, Seperti PS3 setelah di hidupkan, Beberapa detik kemudian mati lagi, dan mati lagi? Ya, harus diketahui hal ini terjadi karena "kebanyakan" Over Heating pada IC RSX.

BAGAIMANA SOLUSINYA?
Yang harus dimengerti adalah Tahapan proses kerjanya : 
1. Cabut IC RSXnya / Desoldering.
2. Pasang kembali timah butir/pasirnya / Reballing solder ball.
3. Pasang kembali IC RSX nya pada MB PS3 / Rework desoldering.
4. Pasang kembali Thermal PASTA nya



Beberapa cara service PS3YLOD, Ada yang dipanasin Oleh: HotAir atau Blower Uap panas, Semacam Gordax atau Gayoue, Ingat, Jika anda melakukan ini, Umur PS3 tersebut tidak akan lama, Umurnya paling lama bertahan hanya untuk beberapa minggu, Dan hal ini bisa menyebabkan masalah lain muncul. Karena kerja system tidak stabil dan cenderung dipaksakan. Kadang seringkali berakhir,  IC RSXnya mati, Dan langkah Reworkpun percuma dilakukan, Hanya satu jalan keluarnya, Cabut ICnya dan Ganti. [Kalau tidak memiliki IC cadangan, Gunakan IC Kanibalan RSX yang bisa anda beli dari penjual PS3 Bekas].

TAHAPAN PENGERJAANNYA 
1. Buka PS3nya dan ambil Mainboardnya, Pisahkan dengan partnya yang lain.



2. Bersihkan Mainboard dari Thermal Pasta sisa.



3. Cabut IC RSXnya / Desoldering Dengan menggunakan IR Rework System.



4. Anda perhatikan sekarang IC RSXnya



5. Bersihkan dari SOLDER BALL yang tersisa, Gunakan solder wick yang baik, Dan gunakan Solder heater yang memiliki Watt agak besar dari biasanya, Saya recomended menggunakan yang 100W. Jangan lupa pakai catok besi untuk memegang ic yang panas.



6. Jika anda membersihkan sisa timah dari solder ball, menggunakan solder wick, haruslah disiapkan gunting, untuk memotong solder wick yg telah penuh dengan timah, jika hal ini tidak dilakukan kemungkinan besar pinout tercabut...hati-hatilah...



7. Guntinglah solder wick dari timah solder ball yang lengket terbawa. Gunakan loffet pasta, yang cukup untuk membantu, mengangkat solder ball yang tersisa.



8. Bersihkan loffet pasta sisa yang menempel di permukaan IC RSX,  Dengan menggunakan cairan Clean Flux, Kalau ngga ada, Bisa juga menggunakan Bensin atau Tinner, Haluskan permukaan IC tersebut dengan menggosokan Solder Wick + Loffet pasta yang cukup, Rasakan dengan tangan permukaannya, Atau gosokan Tissue kering ke permukaannya,  Untuk merasakan, apakah sudah halus pinoutnya.



9. Persiapkan alat-alat seperti : Solder Ball dengan ukuran 0.6mm, Alat cetakan BGA reballing dan BGA stencil, Dental stick dan BGA gel flux, Semacam amtech.



10. Pasangkan BGA Stencil dan BGA Reballing Tepat menjepit IC RSXnya, Yang telah diolesin BGA Gel FLUX, Gunakan Gel tersebut setipis mungkin,  Lihat dan aturlah, Lubang pinout terlihat jelas dan presisi, Setelah benar benar dirasa presisi dan akurat, Kuncilah BGA reballing dengan memutar 4 sekrup yang ada dibawahnya.



11. Taruh posisi BGA reballing tepat dibawah sinar laser penunjuk posisi, pada meja X-Y, Atur ketinggian dari upper heater 3cm diatas permukaan IC RSXnya, Dengan posisi temperatur di 175 derajat celcius, Sementara untuk Down heater, Atur aja diposisi preheater. karena ngga terlalu berpengaruh, Ingat aktifkan alarm batasan temperatur di 170 derajat celcius,



12. Tunggulah Prosesnya sampai temperatur mencapai di 175 derajat celcius, Posisi solder ball akan mengkilat pada saat menempel menempati pinout IC RSX, Matikan Heater, Aturlah pada posisi Normal, dan Gunakan Fan, Untuk mendinginkannya. Cabut dan biarkan kurang lebih 30 menit, biarkan suhunya mendekati temperatur ruang, 27 derajat celcius.



13. Mengenai temperatur ini, Yang lebih akurat mengukur tidak akan tercapai menggunakan Kawat temperatur bawaan dari mesin Rework, Saya memakai temperatur Infra red, Jadi kegagalan karena IC RSX permukaannya Kembung, Plat mainboard bengkung, Itu karena temperatur diatur dan berjalan tidak presisi, Mencabut IC RSX pada saat desoldering, Pinout ballnya bolong, menggelembung, dan rusak RSXnya.. sangat disebabkan oleh temperatur yang tidak akurat, dalam menilai besaran suhu sebenarnya.



14. Sekarang anda bersihkan sisa timah solder ball yang terdapat pada mainboard ps3nya, Bukalah selotife anti panas dari tiap sisinya, dan bersihkan sisa flux yang ada dengan cairan Tinner atau Bensin, Ya kedua cairan ini yang sering digunakan para montir service ps, Tapi yang ideal sih, pake Clear Flux, Yang tidak lengket dan cepat dalam proses membersihkannya, sisi jeleknya mahal dan dikit.



15. Pada saat membersihkannya Gunakan saja sikat gigi bekas, Yang tahan terhadap cairan tinner maupun bensin, saya recomended menggunakan sikat gigi merk Oral B, Gosoklah dan bersihkan, cara untuk membersihkan sisa dari solder ball sama persis ketika proses membersihkan IC RSXnya.



16. Gunakan Solder wick dan Solder Heater 100W, Untuk membersihkan timah sisa Solder Ball, Ingat jangan terlalu menekan, Dan gunakanlah Solder Heater yang sudah maksimal mencapai panas temperaturnya, karena timah yang menggumpal bisa mengangkat dan mencabut pinout pada IC rsxnya.



17. Setelah bersih dan halus Permukaan IC RSXnya, Sekarang anda Gunakan Cairan Circuit Board Cleaner
Untuk menghilangkan oksida dari lemak tangan dan kotoran kotoran lainya yang tidak bisa dibersihkan oleh cairan tenner ataupun bensin. semprotka secara merata kemudian sikat, pakai sikat yang kering.



18. Setelah Mainboard dibersihkan dengan Circuit Board Cleanner, Sekarang giliran IC RSXnya anda bersihkan dengan cairan ini, Lakukan dengan hati-hati, Menggosoknya dengan perlahan saja, Gunakan sikat, Jangan sampai Solder ballnya terlepas dari pinout permukaan IC RSXnya.



19. Lindungi IC sekitar RSX dengan selotife anti panas, usahakan rapi menutupinya, Kemudian oleskan BGA Gel Flux pada permukaan IC RSXnya, Ingat berikan agak cukup merata menutupi semua pinout yang terlihat, Setelah itu aturlah posisi Termometer berjarak 1cm dari IC RSX, Saya sarankan lebih recomended sekarang anda gunakan Infrared termometer gun. Untuk mendapatkan Data Suhu yang akurat.



20. Tempatkan pada posisi central tepat pada pointer laser Upper heater, Panaskan dan tempatkan pada posisi jarak upper 3cm dan jarak down heater standar bawaan mesin rework. biarkan proses berlangsung hingga mencapai suhu 155 derajat celcius dan dinginkan dengan tanpa menyalakan fan.



21. Gunakan temperatur Infra Red Untuk mencapai suhu data yang akurat, pilihan ini saya ambil karena kurang akuratnya suhu yang diambil menggunakan elemen kawat seperti bawaan Mesin rework yang saya miliki, Maklum bukan yang terbaik tapi cukuplah baik untuk membantu usaha saya, Jenis mesin rework banyak, Tapi sangat effisien dikantong dibanding yang lebih dari ini..mahal dan benefit produknya, njlimet.



22. Setelah selesai prosesnya, Anda geser dan istirahatkan mesin rework ke PARK MODE, Biarkan sekitar 30 menit, Mesin dingin mencapai suhu ruangan di 30 derajat celcius, Tinggalkan dan persiapkan Thermal Pasta yang anda miliki.



23. Setelah dingin Cabutlah selotife anti panasnya



24. Oleskan Thermal Pasta yang baik, Yang tahan panas maksimal 500 derajat celcius, Banyak di toko di jual tapi yang berupa suntikan harga sekitar 75-100 ribu, Saya sarankan Tidak perlu memakai yang jenis suntikan, Carilah yang packingnya dari kaleng atau plastik tube ukuran besar. misalnya 1kg, biasa dijual sekitar 1,2jt s/d 1,5 tergantung merk, Dan carilah yang jenis Ceramic base, Kalau ngga ada pakai yang silicon base ngga apa, cuman kelemahannya akan Kurang tahan lebih dari 350 derajat celcius.



25. Lakukan packing mesin dan test-lah mesin tersebut sebelum semuanya di packing lengkap, Karena jika masih ylod, tidak perlu 2x kerja.



26. lakukan test dan ..... packinglah, Jika anda biarkan lebih dari 5 menit dan telah muncul menu playstation. anda sudah berhasil terbebas dari ylod dan fix permanent cukup lama, Bukan cuman dipanas panasin, Tapi benar benar anda ganti solder ball nya yang telah rusak. Karena faktor retak, oksidasi dan pecah.





PERHATIAN :
Jika anda pernah mengalami YLOD dan tahu telah di Uji-coba, dengan cara  dipanasin memakai blower/hotair, Kemungkinan besar, Jika berhasil dan kemudian  mengalami YLOD lagi, IC RSX pada ps3 yang anda miliki, Sudah tidak akan  tertolong lagi, Mati, Dan "Harus diganti IC-nya",  hal inilah yang susah untuk dilakukan, Karena, Tidak ada ic tersebut  dijual  bebas, Anda hanya bisa mencari IC tersebut dari penjual mesin ps3 bekas, Itupun biasanya anda membeli mainboard atau konsolenya sekaligus, dan ic tersebut diambil dari Mesin yang masih bisa bekerja.  dan masih bisa dirasa cukup baik untuk bekerja, Ini yang susah selama ini yg saya rasakan, Untuk mencari sparepartnya. Belum tentu saya dapat IC tersebut dalam 1 bulan, Kadang dapat, malahan kadang tidak sama sekali, Kebanyakan PS3 hampir 100% tertolong,  jika belum pernah dipanasin memakai Blower/Hotair, Ketika di Rework,  biasanya sudah pasti jalan dan tahan tahunan.



Jika anda minat untuk service PS3 karena YLOD, Kami siap membantu anda, Dengan menggunakan IR rework Station, Tanpa hotair atau blower, Karena kami memiliki kesimpulan kedua alat ini bekerja tidak presisi, Tidak menjanjikan,  malahan cenderung membunuh IC yang yang sebenarnya sehat, akhirnya mati total. Panas yang dihasilkan hotair atau blower cenderung menghasilkan suhu yang tidak terkontrol pada pcb, menyebabkan jalur putus, dan pcb mainboard melengkung. Melelehkan ic lain yang memiliki canopi karet dan plastik, ataupun menghancurkan konektor berbahan plastik.

Pekerjaan yang kami lakukan tidak alakadarnya, tidak hanya memanas-manasin saja, tetapi benar-benar kami melakukan  rework RSX, dengan IR rework system. Mencabut ICnya, kemudian memberikan solder ball yg baru, dan mereworknya secara presisi, serta akurasinya bisa dipertanggung jawabkan. Terbukti kami berani lama memberikan garansi service dan partnya.



MERPATI - PLAYSTATION
Jl, Merpati 36, Monang-Maning Denpasar - BALI.
[0361] 2735745 - 081558001488
Email: rudie777@ymail.com
Yuanita - Budiman
rudie777
 

blogger templates | blog : ps3oon dibuat oleh rudie777