Senin, 12 Maret 2012

BAGAIMANA MENGUKUR JALUR YANG PUTUS PADA PS2





Untuk mengetahui jalur yang putus dari suatu rangkaian, Diperlukan suatu alat ukur yang disebut AVOMeter, Dengan menggunakan AVOMeter kita dapat mengetahui baik tidaknya suatu jalur menggunakan fasilitas pengukuran OHM, Dalam penganalisaan jalur diperlukan sumber arus listrik yang akan diberikan kepada jalur tersebut. Perlu Incu ketahui, Bahwa didalam AVOMeter, Sudah terdapat sumber arus, Yang berasal dari sebuah battery, Yang telah dipasang didalam AVOMeter, Sehingga pada waktu pengukuran tegangan, Battrey ini akan mengalir pada rangkaian yang diukur, Walaupun hanya dapat memberikan arus yang sangat rendah. Untuk menganalisa kerusakan jalur pada suatu rangkaian, Dapat dilakukan dengan 2 cara, Yang Pertama pengukuran secara Pararel, dan yang kedua adalah, pengukuran secara seri. Pada prinsipnya pengukuran, Tersebut sama saja, Akan tetapi, Akan lebih akurat, Bila dilakukan dengan dua cara tersebut. Agar dapat lebih dipahami lagi, Ikuti keterangan dibawah ini:

TEKNIK PENGUKURAN SECARA PARALEL:

Pada prinsipnya, Pengukuran resistansi, Atau tahanan, Adalah mengukur, Besaran arus, Yang akan mengalir, Pada suatu rangkaian, Maka bila disaat pengukuran, Terdapat suatu jalur, Yang tidak mempunyai nilai resistansi, Maka Jarum AVO Meter,Tidak akan bergerak sedikitpun, Atau short, Jarum AVO Meter bergerak penuh ke arah kanan 0 ohm, Besar kemungkinan, Tidak akan ada, Arus listrik yang dapat mengalir, Dari jalur tersebut. Akan tetapi bila terdapat, Nilai resistansi, Yang kecil maka Jarum AVO Meter, Akan bergerak lebih jauh, Ke arah kanan, Maka arus yang akan mengalir, Pada jalur, Tersebut sangat besar. Bila nilai Resistansinya besar, Maka Jarum AVO Meter hanya bergerak sedikit saja, ke arah sebelah kanan, Maka makin kecil arus yang akan mengalir pada rangkaian tersebut. Akan tetapi bila AVO-Meter tidak menunjukan nilai Resistansi, Jarum tidak akan bergerak sedikitpun, Maka tidak terdapat, Arus yang mengalir pada jalur tersebut. Belum tentu, Bila dalam pengukuran tersebut, Tidak menunjukan, Nilai resistansi, Maka dapat dipastikan, Jalurnya yang putus, Bisa saja tidak terdapat arus yang disebabkan, Karena terdapat komponen yang bermasalah, mungkin rusak atau hubungannya tidak baik. Oleh karena itu cara pengukuran pararel dapat dilakukan juga untuk menganalisa kerusakan pada suatu komponen atau rangkaian.

TEKNIK PENGUKURAN SECARA SERI :

Bila hasil pengukuran pararel menunjukan bahwa jalur tersebut tidak mempunyai arus, Sebaiknya Incu jangan dulu mengambil kepastian bahwa jalur tersebut putus, Incu dapat meyakinkannya, Dengan cara pengukuran secara Seri, Cara ini membutuhkan skema diagram, atau DATASHEET, Untuk mengetahui, Komponen yang akan dilalui, Oleh setiap jalurnya, Pada prakteknya Incu akan mengukur satu persatu disetiap komponen, Yang akan dilalui oleh jalur tersebut. Berbeda dengan metoda pengukuran PARALEL, Dimana AVO-Meter, Akan menunjukan nilai Resistansinya. Sedangkan metoda pengukuran SERI dilakukan, Untuk mengetahui, Terhubung atau tidaknya suatu jalur. Bila hasil pengukuran menunjukan suatu nilai resistansi Tahanan maka jalur tersebut tidak terhubung dengan baik, Apalagi bila hasil pengukuran AVO-Meter tidak bergerak sedikitpun, Dipastikan jalur tersebut telah putus. Jalur tersebut normal bila jarum avometer menunjukan “0 Ohm” Jarum AVO-Meter bergerak penuh ke arah kanan.

BAHASAN YANG SESUAI DENGAN ARTIKEL YANG TERKAIT :
1]. PS2 GAMBARNYA ACAK-ACAKAN, BAGAIMANA BENERINNYA
2]. PS2 SLIM POWER MATI, SOLUSINYA?
3]. MENGAKALI HARDISK 3,5" ATA PADA PS2 TEBAL DIGANTI 2,5" ATA
4]. BAGAIMANA MEMILIH HARDISK UNTUK PS3/PS2 EKSTERNAL?
5]. APAKAH PROGRAM PS2ESDL ITU?





Tutorial service semua playstation : PS3 ylod, PSP Brick, PS2HDD
Dibuat oleh : MERPATI - PS
rudie777-Yuanita Budiman
[0361] 2735745 - 081558001488
Email : rudie777@ymail.com
Jl Merpati 36 Monang-Maning DPS - BALI.


Mencari Artikel yang Incu butuhkan, Silahkan Buka bagian ARSIP
 

blogger templates | blog : ps3oon dibuat oleh rudie777